Main Article Content

Alfan Biroli
Arie Wahyu Pranata

Abstract

Industrialisasi di Kawasan Ekowisata karena munculnya Desa kawasan Ekowisata menjad desa ekowisata di pedesaan Ekowisata dapat ditempuh melalui dua pendekatan, yatu pendekatan dari penawaran (supply) dan dari permintaan (demand). Dar sisi supply,i Industralsasi d pedesaan pesiisr dapat dilakukan melalui peningkatan produktivitas. Penelitian n bertujuan untuk mengkaji dampak faktor internal, distribusi pendapatan dan tumbuhnya ekonom kreatif. Sementara dampak yang sama juga perlu sebuah analisis saat Desa menjadi kawasan Ekowisata pesisir itu menuju Kawasan Ekowisata Budaya pariwsta dalam sebuah industri berbasis pada integrasi Satu Jasa Layanan Ekowi sata. Problematka yang serius dan dilemats dalam pengelolaan dan pengembangan wisata, permasalahan dilemats yang dihadapi idalam sebuah pilihan dimana tetap menjalankan usaha wi sata untuk peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan ekonomi penduduk sekitar serta issue kelestaran lngkungan di tempat wsata antara lain (1) Keamanan, (2) Kenyamanan, (3) Kebersihan, (4) kepuasan layanan (5) Keberlangsungan. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 harus mengikut Prokes terkontrol terkendala siapa yang mengunjungi, sektor wisata adalah sektor yang terdampak lebih dahulu dan pemulihannya paling terakhir.Dalam Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dan kuantitatif (Mix Method) Uji model konseptual SEM ( Structural Equation Modelling). Penelitan ini menggunakan 200 kuesioner yang mengembangkan model Jasa Layanan wisata dalam media sosial yaitu Both Telegram Group, Membangun sebuah model berangkat dari studi empiris yang menganalss pengaruh kualtas pelayanan dan kepuasan terhadap perlaku konsumen (behavior) dari perspektif heritage ekowisata dan destination competitiveness. Penelitan ini diharapkan hadir memberikan solusi atas permasalahan dilematis pengembangan wisata yang memulai dari start up akibat adanya pandemic Covid19. Konsep pengembangan ekowisata yang berorentasi pada edukasi lingkungan serta konsep keberlanjutan dan terintegrasi dengan keberadaan media sosal berupa One Stop Servce Travelng (OSST) by both telegram group sebagai sarana promosi dan penyajan informasi yang jelas secara statistik kondisi faktual destnasi wisata setiap saat dalam memberikan layananan i nformasi yang profesional untuk memulihkan sektor wisata sangat dibutuhkan dan menjadi penting.

Article Details

How to Cite
Biroli, A. ., & Pranata, A. W. P. (2023). STRATEGI MODEL INDUSTRIALISASI EKOWISATA BERBASIS SOSIAL BLOCKCHAIN DENGAN PENDEKATAN KOMUNITAS SADAR WISATA MENGGUNAKAN “BOTH TELEGRAM GROUP DI PENAJAM PASER UTARA”. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(1), 195–201. Retrieved from https://pkns.portalapssi.id/index.php/pkns/article/view/37
References
Arismiyanti, N. K. 2019. Development Strategy of ustainable Marine. 15, 118-138.

D. Nawastuti, and Z. K. Lewoema 2020. Strategi Pengembangan Ekowisata dengan Konsep Community Based Tourism (CBT) di Pantai Kawaliwu Desa Sinar Hading, Flores Timur. (Journal of Marine Research. Tourism, Competitiveness and Societal Prosperity. Journal Of Business Research, 44, 137-152).

Hijriati,E., & Mardiana,R.2015. Pengaruh Ekowisata Berbasis Masyarakat Terhadap Perubahan Kondisi Ekologi, Sosial Dan Ekonomi Di Kampung Batusuhunan, Sukabumi.(Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan). Https://Doi.Org/10.22500/Sodality.V2i3.9422

Hidayat, Asep Syarifuddin dan Mustolih Siradj. 2019. Sertifikasi Budaya pariwista dalam sebuah industri berbasis pada Jasa Layanan online service traveling dengan both Telegramdan Sertifikasi Non Budaya pariwista dalam sebuah industri berbasis pada Jasa Layanan online service traveling dengan both Telegrampada Produk Pangan Industri. (Jurnal Ahkam. Vol. XV. No. 2).


Peraturan Menteri Ekowista dan Ekonomi Kreatif Indonesia No. 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Usaha Hotel Pesisir Berkelanjutan

Sulistyono, Prasetyo Adi. 2016. "Analisis Atribut Ekowista berkelanjutan, Faktor Pendorong dan Faktor Penarik Terhadap Motivasi Wisatawan Muslim Berkunjung ke Provinsi Aceh". dalam Jurnal Ilmiah. dikutip dari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=405038&val=6467. diakses pada
tanggal 12 Januari 2019.

Widagdyo, K. G. 2017. Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, dan Minat Berkunjung Wisatawan. (Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen https://doi.org/10.15408/ess.v7i2.5411).