MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM BERDEMOKRASI
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan Paradigma dalam menumbuhkan kesadaran Masyarakat dalam berdemokratis. Sejauh mana dan bagaimanakah bentuk pluralitas dan demokrasi dari masyarakat Indonesia di masa depan. Sejumlah ironi atau paradoks demokrasi yang muncul di permukaan era reformasi ini menunjukkan, betapa terjal jalan yang harus ditempuh oleh bangsa ini menuju demokrasi yang sesungguhnya. Metode yang digunakan deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif yang memberikan gambaran pemecahan masalah berdasarkan analitis kritis dan interpretasi penulis, berdasarkan literatur – literatur yang penulis dapatkan dari berbagai sumber dan referensi. Temuan yang didapatkan Menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai demokratis, dapat dilakukan dengan (a) Membuka kelas demokratis program ini bertujuan untuk mengenalkan, menumbuhkan pembiasaan berdemokrasi. Pendidikan kesadaran demokrasi sejak dini bisa dan harus terus dilakukan oleh berbagai kalangan. esensi demokrasi pada tingkat individual diinternalisasi maka upaya-upaya penegakan demokrasi pada arus struktural maupun kultural dapat di wujudkan. (b) menyelenggerakan pendidikan Karakter, Membangun masyarakat demokrasi merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh negara yang menganut sistem demokrasi. Demokrasi bukan dipahami sebagai cara dalam mengelola pemerintahan namun sebagai demokratisasi. Dengan kata lain, semua warga negara bahkan setiap generasi muda harus memiliki karakter yang sesuai dengan nilai nilai dalam demokrasi dan harus dipahami secara formalitas.
Article Details
Berlian, R. K., & Dewi, D. A. (2021). URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK NEGARA DEMOKRATIS DAN MEWUJUDKAN HAK ASASI MANUSIA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 486-498.
Bramantyo, R. Y., & Suwarno, S. (2020). Membangun Kesadaran Hukum dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 124-136.
Hermansyah, H., & Octavia, E. (2018). MEMBANGUN KESADARAN DEMOKRASI PENGURUS BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA REPUBLIK MAHASISWA IKIP-PGRI PONTIANAK PERIODE 2017-2018. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1).
Istiara, F., Adijaya, N., & Ciciria, D. (2021). Pengembangan Literasi Demokrasi Dalam Pemilihan Pemimpin Melalui Proses Pembelajaran. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 63-71.
Khairunnisa, Z. Q., Maruf, N. A., Elhaq, A. W., & Khadijah, K. (2021). MENINGKATKAN KESADARAN AKAN PENTINGNYA BERPENDAPAT DALAM KEHIDUPAN DEMOKRASI INDONESIA MELALUI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MAHASISWA. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 794-800.
Muhibbin, A., & Sumarjoko, B. (2016). Model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk meningkatkan sikap demokrasi mahasiswa dan implikasinya bagi masyarakat madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 1-10.
Mashuri, M. (2014). Partisipasi Masyarakat Sebagai Upaya Pembangunan Demokrasi. Menara Riau, 13(2), 178-186.
Noor, F. (2016). Oposisi Dalam Kehidupan Demokrasi: Arti Penting Keberadaan Oposisi Sebagai Bagian Penguatan Demokrasi Di Indonesia. Masyarakat Indonesia, 42(1), 1-17.
Nuhrawati, A. (2018). Hukum Dan Demokrasi Jalan Menuju Kesejahteraan Rakyat. Pleno Jure, 7(2), 16-27
Rosyad, Ali Miftakhu, and Muhammad Anas Maarif. "Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3.1 (2020): 75-99.
Prasisko, Y. G. (2019). Demokrasi Indonesia dalam Masyarakat Multikultural. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 3(1), 1-12.
Saputra, I. (2018, November). PENGUATAN KESADARAN BELA NEGARA MELALUI PENDIDIKAN DEMOKRASI DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI. In SEMINAR BELA NEGARA (p. 35).
Widodo, A. (2021). Partisipasi Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Demokrasi di Kebumen. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(1), 188-200.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.