Main Article Content

Syamsu A. Kamaruddin
Arlin Adam
Andi Alim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar untuk bekerja konvensional, strategi kemandirian mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar yang bekerja konvensional, dan bentuk kemandirian mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar yang bekerja konvensional. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik snowball sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor yang menyebab mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar untuk bekerja konvensional, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial dan kebutuhan harga diri; (2) Strategi kemandirian mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar yang bekerja konvensional, yaitu strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan pengaman; (3) Bentuk kemandirian mahasiswi strata satu Universitas Negeri Makassar yang bekerja konvensional, adalah kemandirian emosi, kemandirian ekonomi, kemandirian intelektual, dan kemandirian sosial.

Article Details

How to Cite
Kamaruddin, S. A. ., Adam, A. ., & Alim, A. . (2023). STRATEGI KEMANDIRIAN MAHASISWI STRATA SATU UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR YANG BEKERJA KONVENSIONAL DI SULAWESI SELATAN, INDONESIA. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(1), 477–483. Retrieved from https://pkns.portalapssi.id/index.php/pkns/article/view/77
References
Ali, M., dan Asrori, M. 2006. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Asmadi, A. 2008. Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta; Salemba Medika.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Feist, J., dan Feist, G. J. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta; Salemba Humanika.

Friedman, H. S., & Schustack, M. W. 2008. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta; Erlangga.

Hadiono, A. F. 2017. Jurnalistik dan Minat Mahasisiwa (Studi Pengaruh Mata Kuliah Jurnalistik Terhadap Minat Mahasiswa KPI IAIDA Blokagung Banyuwangi Menjadi Jurnalis). (Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 94–111).

Hidayat, D. R., & Naufal, Z. A. 2011. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor; Ghalia Indonesia.

Munandar, A. S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta; UI-Press.

Nurhayati, E. 2018. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta; Pustaka Pelaiar.

Prawironegoro, D., & Utari, D. 2016. Manajemen SDM Abad 21 (Sumber Daya Manusia): Kajian tentang Sumber Daya Manusia secara Filsafat, Ekonomi, Sosial, Antropologi, dan Politik. Jakarta; Mitra Wacana Media.

Sedarmayanti, A. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung; PT Refika Aditama.

Sjafari, A. 2014. Kemiskinan dan Pemberdayaan Kelompok. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Subair, N. 2012. Perangkap Kemiskinan dan Strategi Bertahan Hidup Perempuan Miskin: Studi Lima Kisah Perampuan Kepala Rumah Tangga Miskin di Kota Makassar. Makassr; Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta; Rajawali Press.

Usman, H., dan Akbar, P. S. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta; Bumi Aksara.