MEDIA SOSIAL DAN NON – SOCIAL MEDIA: PERTARUNGAN KEKUASAAN ANTAR BAKAL CALON PRESIDEN DALAM PENINGKATAN KAPITAL SIMBOLIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji masalah arena pertarungan kuasa antar bakal calon presiden (bacapres) melalui media sosial dan non-sosial media dengan pendekatan teori reproduksi sistem dominasi Pierre Bourdieu. Media digital sangat efektif dalam menentukan elektabilitas capres dan sering menjadi sarana menjatuhkan lawan politik melalui wacana, narasi, dan hoaks. Strategi ini mampu membentuk kapital simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo paling aktif menggunakan media digital, diikuti Prabowo Subianto, dan terakhir Anis Baswedan. Ganjar Pranowo memiliki kapital simbolik (interaksi, like, dan AVE) tertinggi. Namun demikian, isu pembatalan Piala Dunia U-20 menurunkan kapital simbolik Ganjar. Posisi terakhir pada bulan Mei 2023 menempatkan semua bacapres menduduki kapital simbolik yang relatif sama. Dinamika tersebut masih terus berfluktuasi sejalan dengan strategi media yang terus berkembang. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kuantitatif deskriptif. Analisis strategi media dan perolehan kapital simbolik calon melalui nilai periklanan, like, dan interaksi di media dilakukan selama tiga bulan (19 Januari-19 April 2023).
Article Details
BPS. 2022. Jumlah Penduduk Indonesia. https://www.bps.go.id/
CSIS. 2022. Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi, https://s3-csis-web.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/doc/Final_Rilis_Survei_CSIS_26_September_2022.pdf?download=1, dikutip 27 Mei 2023 pukul 07.00 WIB
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2005). The Sage handbook of qualitative research (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Field, John. 2003. Social Capital. London; Routledge.
Hui, J. Y. 2020. Social Media and The 2019 Indonesian Elections. (Southeast Asian Affairs).
Lim, M. 2017. Freedom to hate: Social media, algorithmic enclaves, and the rise of tribal nationalism in Indonesia. (Critical Asian Studies).
Medcom.id. 2023. Blusukan Tanpa Kamera, Masyarakat Daerah Pelosok Curhat Ini ke Anies. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/nbw0PjBk-blusukan-tanpa-kamera-masyarakat-daerah-pelosok-curhat-ini-ke-anies. Dikutip tanggal 27 Mei 2023.
RadarSubar. 2023. Anies Sindir Ganjar Suka Lari-Lari Lalu Posting ke Medsos. https://radarsulbar.fajar.co.id/2023/05/22/anies-sindir-ganjar-suka-lari-lari-lalu-posting-ke-medsos/. Dikutip 27 Mei 2023.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar mengajar. Bandung; Sinar Baru Algesindo Offset.
Saraswati, M. S. 2018. Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. (Jurnal Komunikasi ISKI, Vol. 3, No. 1).
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendekatan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung; Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, R &D. Bandung; IKAPI.
Zuniga, Homiro Gil De. 2014. Social Media, Political Expression, and Political Participation: Panel Analysis of Lagged and Concurrent Relationships. Journal of Communication.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.